Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

sarapan pagi dengan kurma, amankah?

sarapan pagi dengan kurma, sarapan kurma, sarapan kurma untuk diet, sarapan kurma di pagi hari, sarapan kurma dan madu, sarapan kurma dan pisang, sarapan kurma dan timun, sarapan kurma 7 butir, sarapan kurma untuk ibu hamil, manfaat sarapan dengan kurma. sarapan pagi dengan kurma

sarapan pagi dengan kurma, sarapan kurma, sarapan kurma untuk diet, sarapan kurma di pagi hari, sarapan kurma dan madu, sarapan kurma dan pisang, sarapan kurma dan timun, sarapan kurma 7 butir, sarapan kurma untuk ibu hamil, manfaat sarapan de

Beberapa hari ini kami memulai rencana bersama istri untuk sarapan dengan kurma ditambah minuman hangat (susu kambing,madu atau rimpang-rimpangan). Rencana ini sebenarnya sudah sangat lama namun belum kunjung terealisasi karena kami masih merasa belum siap, plus belum bisa tahan selera 

“Bismillah yuk kita coba yuk sarapan dengan kurma, sampai siangan nanti, “ajak saya ke istri 
“Ayuk,boleh. Lumayan jadi bisa agak siangan juga masakanya”, hehe tawanya lepas 
Oke. 

Rencana ini pun terealisasi. Sudah 4 hari kami menjalani rutinitas ini. Lantas, setelah beberapa hari ini kami sarapan hanya dengan kurma, apa yang kami rasakan? 

Hari pertama 

Bismillah, saya coba makan 7 butir kurma ajwa dan minum madu. Hmm,sebagai orang yang terbiasa sarapan berat (nasi/mie dan lauk pauknya) hari pertama dirasa agak aneh. Terasa sangat ada yang berbeda, perasaan lemes padahal ya enggak lemes. Perasaan perut kosong padahal ya ada isinya. Pokoknya ada perasaan yang aneh diperut. Jam 11an perut uda keroncongan kali. Akhirnya kami makan nasi dan lauk pauknya di jam 12an. 

Hari kedua 
Di hari kedua, perut uda mulai agak terbiasa. Sambil mengerjakan rutinitas pagi (menulis dan desain) tampaknya rasa pada hari pertaama uda sedikit berkurang. Perut gak begitu merasakan ada yang berbeda. 7 butir kurma ajwa dan segelas susu kambing menemani pagi hari kedua. Alhamdulillah, perut uda mulai terkondisikan, ga begitu keroncongan dan gak begitu berasa lemes, walalu masih ada sedikit rasa yang berbeda .Kami makan siang dengan nasi dan lauk pauknya di jam 1an setelah sholat zuhur. 

Hari Ketiga 
Di hari ketiga, saya sarapan kurma ajwa dan segelas madu. Rasa laper dan lemes karena belum sarapan nasi sama sekali uda gak ada. Bahkan badan berasa lebih enteng. Rutinitas pagi berjalan normal seperti biasa. Tidak ada perasaan apapun. Alhamdulillah..

Baca Juga : Kandungan dan Manfaat Kurma Sukari

Dan hari ini memasuki hari keempat, uda hampir sama dengan hari ketiga. Gakda berasa apa apa. Normal aja sih, begitupun kami akan coba evluasi selama seminggu ini. Bagaimana reaksi tubuh kami dari aktifitas sarapan yang kami lakukan. 

Lantas, apakah sarapan dengan kurma aman? Dan bisa mencukupi nutrisi harian kita?
mari kita coba buka berbagai referensi yang tersedia. Saya mencari berbagai artikel dengan keyword “sarapan dengan kurma” dan muncullah beberapa artikel.

sarapan dengan kurma, sarapan kurma, sarapan kurma untuk diet, sarapan kurma di pagi hari, sarapan kurma dan madu, sarapan kurma dan pisang, sarapan kurma dan timun, sarapan kurma 7 butir, sarapan kurma untuk ibu hamil, manfaat sarapan dengan kurma. sarapan pagi dengan kurma
sarapan dengan kurma, sarapan kurma, sarapan kurma untuk diet, sarapan kurma di pagi hari, sarapan kurma dan madu, sarapan kurma dan pisang, sarapan kurma dan timun, sarapan kurma 7 butir, sarapan kurma untuk ibu hamil, manfaat sarapan dengan kurma. sarapan pagi dengan kurma

Saya meng-klik artikel pertama yang berjudul “Keistimewaan Kurma yang Jadi Menu Sarapan Favorit Rasulullah SAW” dari food detik . Dalam artikel ini dijelaskan bahwa kurma memiliki banyak keistimewaan yang disebut dalam Alquran sebanyak 20 kali. Salah satunya tersebut dalam Alquran Surat maryam 

"Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu." (QS. Maryam: 25). 

Selain itu, dilengkapi pula dengan keterangan hadist Nabi Dari Anas, berkata:"Bahwa Rasulullah SAW sarapan pagi dengan kurma, sebelum beliau sholat. Jika tidak dengan kurma matang beliau makan kurma mentah. Jika tidak dengan buah kurma mentah maka Nabi sarapan dengan air kurma." (HR. Ahmad dan Abu Dawud). 

Dikisahkan pula kalau Nabi berbekal dengan kurma ketika hendak melakukan perjalanan.. Dikisahkan dari Jabir bahwa Rasulullah SAW mengutus dirinya untuk suatu misi. Menemui kafilah suku Quraisy dan pemimpin misi itu bernama Abu Ubaidah. Untuk menjalankan misi ini pun mereka mempersiapkan bekal satu kantong buah kurma. 

Di tengah perjalanan, Abu Ubaidah membagi dan memberi kurma kepada anggota rombongan satu demi satu. Jabir berkata, "Apa yang kita perbuat dengan buah kurma ini?" 

Kemudian semua rombongannya menjawab,"Isaplah kurma itu seperti anak kecil yang sedang menyusu." Mereka pun melakukannya dan minum air. Ternyata hal ini dapat memberikan tenaga yang cukup sampai malam 

Baca Juga : Ini dia Tempat Jual Kurma di Medan

Nah , itu tadi kurang lebih isi dari artikel pertama. Kita coba buka referensi dari artikel keduaBerjudul Sarapan dengan Air Putih dan Kurma, Baikkah untuk Kesehatan? Bersumber dari health.detik com yang sepertinya merupakan kolom tanya jawab pembaca dengan seroang pakar. Jadi ada seorang menanyakan kebiasaan paginya yang hanya menkonsumsi beberapa buah dengan air putih atau beberapa kurma dan air sebagai menu sarapan. 

Nah, oleh sang pakar dari Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney ia menjealskan kalau sarapan dengan kurma baiknya ditambah dengan protein pada sarapan, seperti telur rebus atau segelas susu skim milk agar tubuh bisa mulai menggunakan proteinnya untuk regenerasi sel-sel. 

Hmm, oke bisa jadi referensi bagus. Saya catat nih. Next kita lanjut, ke artikel  ketiga yang berjudul Sarapan dengan Kurma dan Madu Hangat Kaya Manfaat dari Makasarinside.com 

Dalam artikel ini dijelaskan kalau kurma bisa jadi menu sarapan karena kandungan yang dimilikinya. dengan mengonsumsi makanan manis pada pagi hari, akan memudahkan lambung untuk mencerna makanan. Hal itu pulalah yang menjadi alasan kenapa buah kurma sangat dianjurkan sebagai menu berbuka puasa karena kurma merupakan buah yang paling kaya akan kandungan glukosa dan kadar glukosanya juga alami. 

Kurma mengandung gula yang cukup banyak, berkisar antara 75–87%. Sekitar 55% gula dalam kurma berbentuk glukosa, sedangkan 45% lagi membentuk fruktosa. Selain itu, kurma mengandung sejumlah protein, lemak, dan vitamin A, B2, B12. Kurma mengandung beberapa mineral, terutama kalsium, fosfor, potassium, sulfat, sodium, magnesium, cobalt, zinc, florin, kuningan, manganese, serta sejumlah selulosa. 

Dengan sangat cepat, glukosa dalam kurma yang disantap akan berubah menjadi fructose, lalu akan diserap langsung melalui sistem pencernaan untuk menyirami dahaga tubuh akan energi. Khususnya jaringan-jaringan yang secara esensial bergantung pada pasokan tinggi energi, seperti sel-sel otak, sel-sel saraf, sel-sel darah merah dan sel-sel tulang belakang. 

Sementara satu sendok air madu hangat, akan menjadikan lebih sehat. Selain meringankan tubuh juga menambah stamina, apalagi bagi kamu yang akan beraktivitas seharian. 

Itu tadi ulasan dari artikel ketiga. Next kita lanjut ke artikel keempat dari Umma.id yang berjudul Masya Allah! Ini Menu Sarapan Rasulullah di Pagi Hari 

Dalam artikel ini dijelaksan kalau Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, mengajurkan seseorang untuk mengkonsumsi tujuh butir buah kurma ajwa setiap pagi. Sebab, Nabi Muhammad SAW merasakan manfaat mengonsumsi kurma Ajwa secara rutin. 

Kurma Nabi atau Kurma Ajwa memiliki tekstur yang halus saat dimakan jenis kurma ini sangat disukai oleh Nabi Muhammad SAW. Seperti yang tertulis dalam hadis: Barangsiapa mengonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir." (HR Al-Bukhari dan Muslim). 

Kurang lebih isinya hampir sama dengan arikel pertama .Ok, next kita buka referensi dari artikel kelima dari IDNtimes.com yang berjudul 5 alasan sehat untuk Sarapan Kurma, Mulai Besok Yuk! 

Dalam artikel ini dijelaskan 5 alasan kenapa kita mesti konsumsi kurma sebagai menu sarapan. 
Dalam alasaan pertama disebutkan kalau kurma bisa dijadikan Sumber energi yang baik untuk memulai hari. Disertai riset dari International Journal of Food Sciences and Nutrition", kurma kaya akan nutrisi penting yang dapat membantu memulihkan energi secara cepat. Ini karena kurma memiliki 44-88 persen karbohidrat. Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. 

Alasan kedua Membantu kinerja otak Saat bekerja disertai riset dari "Neural Regeneration Research" tahun 2016. Pada waktu itu dilakukan uji coba pada tikus dengan mencampurkan makanan tikus dengan kurma. Hasil menunjukkan, tikus tersebut memiliki ingatan, kemampuan belajar, serta dapat mengatasi kecemasan lebih baik dibandingkan dengan tikus yang tidak diberikan kurma. 

Kurma disebut dapat mengurangi peradangan pada otak. Selain itu, kurma juga dapat mengurangi plak pada otak, yang mana plak ini dapat menghambat neuron untuk saling berkomunikasi. Cukup dengan konsumsi empat buah kurma per hari, kamu bisa mengurangi masalah tersebut. 

Alasan ketiga Memberi nutrisi pada otak kedua (perut) 

Heribert Watzke, salah satu ilmuwan yang pernah menjadi pembicara di TED Talk pernah mengatakan bahwa dalam sistem pencernaan kita ternyata terdapat saraf neuron yang berbeda tipe, yang dapat berpikir sendiri untuk mengolah makanan yang kita makan. 

Pencernaan yang sehat bisa memberikan efek yang baik bagi seluruh tubuh, termasuk suasana hati, ingatan, dan masih banyak lagi. Bakteri baik yang ditemukan dalam pencernaan yang sehat dapat membantu menyembuhkan dan melindungi otak kita dalam jangka panjang. 

Konsumsi kurma secara teratur dapat membantu menciptakan keseimbangan bakteri baik pada usus, yang akhirnya menjadikan pikiran lebih sehat dan suasana hati yang baik. 

Alasan ke empat kecil-kecil tapi mencukupi . Menurut sebuah studi yang dimuat dalam National Center of Biotechnology Information (NCBI), cukup dengan makan empat buah kurma saja atau setara 100 gram per hari dapat memenuhi lebih dari 15 persen kebutuhan harian mineral penting seperti tembaga, potasium, magnesium, dan selenium. Tak hanya itu, konsumsinya juga dapat memenuhi 25 persen kebutuhan serat dari makanan harian kita. 

Alasan kelima tubuh jadi lebih sehat . 
Menurut sebuah laporan dalam "Journal of Pharmacy and Bioallied Sciences" tahun 2019, kurma (Phoenix dactylifera L.) kaya akan nutrisi seperti serat, gula, protein, vitamin, mineral, flavonoid, dan senyawa fenolik. 

Mengingat adanya senyawa fenolik ini, kurma merupakan sumber antioksidan dengan bioaktivitas paten yang dapat melawan bakteri patogen. Oleh karena itu, selain merupakan sumber antioksidan yang baik, kurma juga bermanfaat dalam pengelolaan penyakit yang berhubungan dengan stres oksidatif dan infeksi. 

Berdasarkan sebuah penelitian dalam jurnal "PLOS One" tahun 2015, dibanding buah ara atau buah kering lainnya, kurma dikatakan memiliki antioksidan paling tinggi. 

Mengandung flavonoid, senyawa tersebut dapat mengurangi risiko penyakit diabetes, Alzheimer, dan beberapa jenis kanker. Selain itu, kandungan karotenoid di dalamnya terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko gangguan mata. Dalam penelitian tersebut juga disebutkan bahwa kandungan asam fenolik dalam kurma dapat membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung. 

Nah itulah tadi  referensi dari berbagai sumber yang saya rangkum. Silahkan sahabat sendiri yang menyimpulkan amankah sarapan pagi dengan kurma? Saya sendiri masih uji coba dan akan dievaluasi rutinitas ini dikemudian hari. Semoga bermanfaat, wallahu a’lam ..

Referensi :

https://food.detik.com/info-kuliner/d-4885944/keistimewaan-kurma-yang-jadi-menu-sarapan-favorit-rasulullah-saw

https://health.detik.com/konsultasi/d-2771137/sarapan-dengan-air-putih-dan-kurma-baikkah-untuk-kesehatan 

https://makassarinside.com/sarapan-dengan-kurma-dan-madu-hangat-kaya-manfaat/ 

https://umma.id/post/masya-allah-ini-menu-sarapan-rasulullah-di-pagi-hari-473893?lang=id 

https://www.idntimes.com/health/fitness/sidiq/5-alasan-sehat-untuk-sarapan-kurma-c1c2 














17 komentar untuk "sarapan pagi dengan kurma, amankah?"

  1. SAma mas...
    Saya pun blom bisa konsisten tahan selera. Masih gonta ganti sarapan. Lagi mood bagus, saya sarapan kurma.
    Lagi datang godaan lontong sayur, nasi gurih, sayapun tergoda.
    Iman yang tipis haizzz

    BalasHapus
  2. Enak banget kalau sarapan dengan kurma, cuman memang kudu nyetock kurma yang banyak ya di rumah.

    Kurma banyak manfaatnya ya, lebih sehat dan mengenyangkan.
    Meski godaan makanan berat lainnya selalu membuyarkan rasa kenyang sarapan dengan kurma hehehe

    BalasHapus
  3. Kurma banyak manfaatnya...bahkan dijadikan sarapan pun mantap khasiatnya.
    Saya belum pernah sarapan kurma...biasa dipakai berbuka puasa saja. Atau memang sedia untuk camilan agar ngemilnya sehat
    Ternyata banyak kebaikannya ya
    Ulasan yang lengkaap ini, ...saya jadi tambahan informasi terkait kurma untuk sarapan pagi

    BalasHapus
  4. Sempat mencoba membiasakan sarapan dengan oatmeal dan kurma. Alhamdulillah bertahan sampai 2 minggu dan badan memang terasa ringan. Selanjutnya qadarulloh alergi saya kumat sehingga nggak berani sarapan balik lagi ke nasi dan lauk pauknya. Trus bablas sampe sekarang, hihi.. Membaca ini saya jadi pengen sarapan kurma lagi bang.

    BalasHapus
  5. Wah ternyata sarapan kurma itu bagus banget buat kesehatan ya Kak Besok-besok mau gantian coba ah sarapan dengan kurma. Meski ngebayanginnya aja pasti sudah agak merasa gimana gitu biasa sarapan nasi kuning, lontong sayur ataupun nasi pecel berganti dengan 7 butir kurma saja dan air putih. Tapi bismillah aja ikhtiar biar sehat ya kan..

    BalasHapus
  6. sarapan pagi dengan kurma insyaallah aman ya Bg... apalagi di masa pandemi seperti saat ini, kurma ini salah satu makanan yang dicari lho, karena diyakini bisa melawan Covid-19. Kemarin anak saya rapid test nya reaktif trus ada yg menyarankan banyak makan kurma, pas di SWAB Alhamdulilah negatif. Ya meskipun tidak setiap reaktif RT pasti Corona namun kan setidaknya udan senang makan kurma insyaallah bs lebih sehat

    BalasHapus
  7. Belum pernah cobain untuk sarapan sih. Tapi saya suka banget tuh makan kurma ajwa. Sukaaa..karena manisnya gak eneg, gak terlalu manis malah. Kapan-kapan deh cobain untuk sarapan.

    BalasHapus
  8. Luar biasa ya kak manfaatnya, rasanya juga enak dan mudah di sajikan, mau juga ah sarapan kurma ^^ terima kasih informasinya kak.

    BalasHapus
  9. Aku juga suka banget sama kurma ini apa lagi kurma ajwa aku juga sebelumnya pernah beli kurma ini loh tapi emang harganya agak lumayan mahal tapi manfaatnya banyak

    BalasHapus
  10. Hm perlu waktu tiga hari untuk tubuh beradaptasi dan ternyata bisa yaa .. patut dicoba.

    BalasHapus
  11. Wah perlu ikut sarapan dengan kurma nih? Tapi akan terasa berat mungkin ya. Soalnya biasanya sarapan menunya banyak. Apalagi emak yang butuh banyak tenaga.

    BalasHapus
  12. Akutuh kepengen banget bisa konsisten untuk sarapan dengan kurma, tapi godaan sarapan yang gurih-gurih terlalu kuat untuk di lawan sih. Harus kuat kan tekad buat mencoba sarapan dengan kurma ini

    BalasHapus
  13. Saya sering banget membiasakan sarapan pagi dengan kurma dan minumnya air kelapa.

    Efeknya seharian tubuh jadi lebih fit dan mengasuh 7 anak pun gak gampang letih hingga waktu istirahat malam menjelang.

    Memang betul sekali ya Sunnah Rasulullah ini.

    BalasHapus
  14. Bener banget nih, makanya kurma dengan sejuta khasiat ini memang layak disebut buah syurga ya mas.

    BalasHapus
  15. Saya suka banget dengan kurma kalau makan kurma tidak cukup satu butir hehehe apalagi kurma mengandung sejuta khasiat ...makin senang deh konsumsinya

    BalasHapus
  16. kurma emang banyak banget manfaatnya ya mba, makanya dianjurkan untuk dikonsumsi buat bukaan puasa, dan ternyata emang memberi efek bagus buat otak juga yaa

    BalasHapus
  17. kurma, madu, dua hal itu kalau dijadikan sarapan malah sehat banget kalau kataku.
    sama kayak sahur hanya menggunakan teh hangat dan kurma. Awalnya emang ada yang kurang, tapi setelah terbiasa akhirnya malah merasa lengkap sahurnya

    BalasHapus