Berkualitas, Begini Layanan Berobat ke Malaysia

Berkualitas, Begini Layanan Berobat Ke Malaysia
Dengan Malaysia HealthCare Semuanya Jadi Nyaman dan Mudah


Kita tentu sudah banyak mendengar, bahwa Malaysia merupakan negara yang sangat baik dalam hal penanganan kesehatan. Cerita tersebut, sudah seperti turun termurun yang bukan isapan jempol semata. Faktanya, Malaysia memang telah diakui secara Internasional sebagai "Best Country in the world for Healthcare" dari tahun 2015, 2017 dan tahun 2019 dari majalah International Living yang berasal dari AS. Selain itu, juga menerima penghargaan "Destination of the year" untuk wisata medis dari tahun 2015 dan 2017. Serta mendapat penilaian istimewa pada tahun 2018 oleh International Medical Travel Journal yang berasal dari Inggris.



Bersyukur, pada hari Minggu (21/7) bertempat di Hotel Santika Dyandra Medan saya bersama dengan rekan-rekan Blogger Medan berkesempatan mendengarkan pemaparan langsung tentang seluk beluk penanganan kesehatan di Malaysia secara resmi oleh Malaysia Healtcare Travel Council (MHTC). Oia, kalian sudah ada yang pernah dengar Malaysia Healthcare? kalau belum yuk kita cari tahu..

Apa itu Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC)
Malaysia Healtcare Travel Council (MHTC) adalah adalah badan pemerintah yang telah diberikan kepercayaan untuk mengelola pariwisata kesehatan di Malaysia. MHTC didirikan pada tahun 2009 yang berupaya memfasilitasi dan mengembangkan industri pariwisata kesehatan Malaysia di bawah brand “Malaysia Healthcare” untuk menjadikan Malaysia sebagai tujuan utama pariwisata kesehatan di dunia. Sejak itu, MHTC telah menyatukan para pemain industri dan penyedia layanan ke dalam sebuah strategi pengembangan yang berfokus untuk meningkatkan profil pariwisata kesehatan Malaysia di kancah dunia. Ini merupakan contoh model Kemitraan antara public-swasta (public-private partnership-PPP) yang telah berhasil mengembangkan sector pariwisata kesehatan di Malaysia.

Pada tahun 2018 Malaysia Health Care telah melayani lebih dari 1.2 juta wisatawan Medis. Pada tahun yang sama pasien asal Indonesia mengalami peningkatan sebesar 11% dari tahun sebelumnya.

Nik Yazmin Nik Azman, Chief Commercial Officer, Malaysia Healthcare Travel Council menyampaikan “Malaysia menawarkan layanan kesehatan yang terjangkau dengan kualitas dunia bagi para wisatawan medis. Malaysia juga memiliki 200 rumah sakit swasta, dimana 73 diantaranya terdaftar sebagai anggota Malaysia Healthcare serta dilengkapi dengan berbagai layanan kesehatan kualitas terpercaya, teknologi kesehatan terdepan, dan fasilitas mutakhir untuk melayani pasien dari seluruh dunia”

Malaysia Healthcare menawarkan beragam layanan perawatan dan fasilitas kesehatan berkualitas dunia seperti kardiologi, fertilitas, onkologi dan ortopedi.
Berbagai Keunggulan Jika kalian menggunakan Layanan Malaysia Healthcare
1. Kualitas Berkelas Dunia
- Keselamatan pasien dijaga melalui pemantauan ketat dari Kementerian Kesehatan
- Institusi yang diakreditasi dan diakui secara international
- Praktisi medis yang sangat terlatih dan berpengalaman
- Teknologi yang canggih dan fasilitas modern
2. Kemudahan Akses
- Waktu tunggu yang singkat
- Tersedia berbagai macam perawatan
- Akses langsung ke dokter spesialis
3. Keterjangkauan yang Kompetitif
- Penetapan harga biaya perawatan tertinggi ditentukan oleh Kementerian Kesehatan
- Relatif terjangkau dibandingkan dengan pesaing regional
4. Kemudahan Komunikasi
- Bahasa yang banyak digunakan adalah bahasa Inggris, Hindi, Mandarin, Melayu dll
- Tersedia penerjemah dan juru bahasa
5. Hub Halal Global
- Alternatif media halal
- Kemudahan akses fasilitas seperti ruang ibadah
- Banyak tersedia makanan dan restoran halal
6. Perjalanan Awal hingga Akhir yang Tanpa Batas
- Mendukung wisatawan kesehatan dari titik awal yaitu pengajuan pertanyaan dari negara asal,   
   sampai kedatangan dan pasca-perawatan setelah kembali ke rumah.
- Layanan 'Sambut dan Sapa' (Meet & Greet) di Bandara International Kuala Lumpur dan Penang
- Menunggu penjemputan oleh hotel/rumah sakit di Malaysia Healthcare Concierge & Lounge.|
Hidup Sehat dan Berkualitas
Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan dr. Savitha selaku Head of Strategic Partnership, Malaysia, Ramsay Sime Darby Health Care. Beliau menjelaskan bagaimana caranya untuk hidup sehat. Beberapa pola yang saya rangkum dari beliau adalah :
  • Diet seimbang yang sehat
  • Mempertahankan berat badan yang sehat
  • Rajin berolahraga
  • Tidak merokok
  • Tidak minum Alkohol (Muslim) Non Muslim (dikurangi)
  • Cukup istirahat
  • Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan

Selain dari poin diatas, yang juga penting dari penyampaian beliau adalah bahwa untuk hidup sehat juga harus memperhatikan asupan makanan yang bernutrisi sekaligus menjaga pola makan dengan makanan yang sehat.

Rumah Sakit dan Pusat Keunggulannya
Kemudian, presentase selanjutnya selanjutnya dibawakan oleh Nurul Hasyikin Adanan, Asistant Manager International Marketing Ramsay Sime Darby yang merupakan mitra Malaysia Healthcare.. Beliau menjelaskan bahwa Ramsay Sime Darby memiliki tiga rumah sakit dengan masing-masing keunggulan yakni :

1) Parkcity Medical Centre memiliki pusat keunggulan dalam pengobatan anak-anak, wanita dan perawatan lansia.
2 )Ara Damansara Medical Centre memiliki pusat keunggulan dalam pengobatan otak, jantung, tulang belakang & sendi.
3) Subang Jaya Medical Centre memiliki pusat keunggulan dalam pengobatan kanker, penyakit darah, sistem pencernaan & hati, jantung, otak & tulang belakang, radiologi vaskular & intervensi, anak-anak, payudara, mata, telinga, hidung & tenggorokan, tulang & sendi.

Fasilitas Perawatan End to End Bebas Hambatan
Perlu diingat, bahwa Malaysia Healthcare menawarkan fasilitas perawatan End-to-End bebas hambatan dengan alur sebagai berikut :
  • Kamu dapat menghubungi pusat panggilan MHTC 1 800 188 688 (dalam Malaysia) dan +603 2726 8688 (untuk luar Malaysia) callcentre.IDN@mhtc.org.my dan wa 0812 8971 0029 (untuk Indonesia). Pusat panggilan bertugas melayani segala pertanyaan mengenai pariwisata kesehatan di malaysia. Call Centre MHTC beroperasi dari Senin-Jumat mulai pukul 09.00 sampai 18.00 (GMT+8). Selain itu, MHTC Concierge and Lounge yang juga terintegrasi dengan pusat panggilan MHTC akan menyediakan akses bagi para wisatawan kesehatan untuk mencari informasi lengkap mengenai pengalaman menginap yang nyaman dan bermanfaat di malaysia. Berlokasi di balai Kedatangan badara Internasional Kuala Lumpur Malasyia
  • Sebuah tim yang berpengalaman akan membantu memberikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan wisatawan kesehatan, mulai dari rumah sakit, pusat perawatan, jenis perawatan yang tersedia, akomodasi, serta kebutuhan pariwisata kesehatan lainnya. Lebih detail, dapat disaksikan melalui infografik berikut ini :

Do/Don't dalam Perjalanan Kesehatan
Bagi kamu yang sudah mantaf dan ingin pergi berobat ke Malaysia, perlu memperhatikan hal hal berikut agar perjalanan medis yang kamu lakukan menyenangkan, berkualitas, dan bebas stress dengan hasil yang memuaskan, yakni :
  • Pergi ketempat dimana Anda tahu bahwa Anda akan mendapatkan perawatan kesehatan yang terbaik
  • Lakukan perencanaan di awal, terutama jika Anda melakukan perjalanan pada saat musim liburan
  • Jangan mengandalkan internet semata
  • Bertanya pada dokter ahli bedah atau dokter spesialis
  • Jangan ragu mengeluarkan uang lebih untuk melakukan panggilan telepon
  • Jangan menghemat biaya dengan memilih “tawaran yang terendah”
  • Dapatkan segala sesuatunya dalam bentuk tertulis (sebanyak mungkin)
  • Jangan merasa “terjebak” hanya pada dokter yang pertama Andapilih pada saat Anda masih berada di rumah.
  • Dan yang paling penting, gunakan perencana perjalanan medis terlatih dari perusahaan wisata medis yang bereputasi
lebih detail kamu dapat bertanya ke no kontak berikut :
callcentre.IDN@mhtc.org.my | www.medicaltourismmalaysia.com | IG @malaysiahealthcare | IG Khusus Indonesia @medtourismmy.id
Sesi foto bersama Malaysia Health Care dan Blogger Medan

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages