Guru Blogger : Manfaat Menulis

Guru Blogger | Mas Santo

Susantomadani.com | Guru Blogger : Manfaat Menulis
Bagi sebagian orang,  menulis mungkin cuma perkara hobi . Tetapi di balik itu, ternyata ada manfaat besar yang bisa didapat dari aktifitas menulis. Berikut saya rangkumkan manfaat menulis ala Guru Blogger:


Guru Blogger | Mas Santo
Manfaat Menulis Meningkatkan Kecerdasan Otak
Saya pernah membaca, bahwa dengan menulis akan meningkatkan kinerja otak. Menulis sebuah tulisan (pendek) dapat meningkatkan fungsi otak sebanyak 5%. Kemudian, dengan menulis tulisan panjang (Buku) dapat meningkatkan fungsi otak sebanyak 20%.

Hal ini wajar, karena menulis sebenarnya bukanlah perkejaan mudah. Butuh keterampilan untuk memadukan rangkaian hurup menjadi kata, kata menjadi kalimat, kalimat menjadi paragraf yang kesemuanya memiliki makna.

Maka, jika kamu ingin semakin menambah fungsi dari kinerja otak, maka menulislah..

Guru Blogger | Mas Santo
ManfaatMenulis Untuk Mengikat Ilmu
Ikatlah ilmu dengan menuliskannya, begitu kata Ulama hebat dan masyhur sepanjang massa Imam Syafii. Tentu perkataan Imam Syafii tersebut bukanlah tanpa sebab dan pasti memiliki makna yang mendalam.

Saya pribadi, benar-benar merasaknnya ketika masa kuliah, ada seorang dosen mata kuliah yang selalu menyuruh untuk me-resume   tentang ilmu apa saja yang sudah didapat selama satu semester  ke dalam satu buku catatan khusus. Nah, buku caatatan tersebut merupakan syarat utama untuk bisa mengikuti ujian semester. Awalnya saya merasa malas, untuk apa harus me-resume . Kan sangat repot, karena banyak hal yang akan dikerjakan menjelang ujian, bukan cuma satu mata kuliah itu saja.

Namun belakangan, saya sadari ternyata dengan me-resume dan menulisknnya kedalam buku catatan, banyak ilmu yang mudah untuk diingat ketika ujian. Berawal dari situ, maka ketika  menjelang ujian semeseter saya selalu membuat catatan-catatn khusus untuk ditulis dan dirangkum sehingga mudah diingat.



Guru Blogger | Mas Santo
 Manfaat Menulis untuk Berbagi Pengalaman, Ide dan Pengalaman
Sungguh sangat banyak diantara kita yang mempunyai pengalaman, ide dan gagasan cemerlang. namun sayangnya masih sedikit yang berkenan menuliskannya. padahal, dengan menulis, maka pengalaman, ide, gagasan tersebut berpeluang besar membawa manfaat bagi banyak orang, ketimbang hanya disimpan sendiri.

Saya selalu mengajak orang-orang terdekat saya, untuk selalu berkenan membagi pengalaman, ide ataupun gagasan terhadap suatu hal . Karena yakinlah, dengan kita berbagi, ilmu kita bukan jadi berkurang, malah akan semakin bertambah. Selain itu, kebaikan-kebaikan lainnya juga akan datang menghampiri tanpa kita sadari.


Guru Blogger | Mas Santo
Manfaat Menulis Untuk Merekam Sejarah
Manfaat menulis selanjutnya adalah untuk merekam sejarah, Seperti yang diungkapkan oleh Pramoedya Ananta Toer ; 
" Orang Boleh Pandai Setinggi Langit, Tapi Selama Ia Tidak Menulis Ia Akan Hilang di Dalam Masyarakat dan dari Sejarah. Karena Menulis Bekerja Untuk Keabadian" 
Lihatlah orang-orang hebat pada masa lalu, Kebanyakan dari mereka adalah seorang penulis handal. Lihat Imam Syafii,dengan berbagai karya monumentalnya. Sungguh sangat menakjubkan,Tak sanggup kita menandinginya. Orang-orang terdahulu punya tulisan dengan jumlah halaman ratusan bahkan ribuan lembar yang terdiri dari berjilid-jilid. Sehingga, berkat tulisannya tersebut, selalu dijadikan landsaan, kutipan bahkan hukum untuk bisa dimanfaatkan. Sangat mendalam dan penuh makna tentunya. Pantas saja namanya selalu abadi sampai sekarang.

Bagaimana dengan kita?
Sudah terpikirkan untuk mengabadikan sejarah dengan tulisan?


Guru Blogger | Mas Santo
Manfaat menulis : Sebagai sarana dakwah dan komunikasi
Menulis, sudah sejak lama dijadikan orang sebagai sarana dakwah dan komunikasi, terlebih pada masa sekarang. Dakwah tak melulu harus ceramah dakwah juga bisa melalui tulisan. Jika melalui ceramah pada suatu forum, mungkin hanya beberapa orang yang hadir dalam forum tersebut saja yang akan memperoleh pesan dakwahnya.

Akan tetapi, jika dakwah melalui tulisan ( menulis di blog/website/buku) maka akan ada banyak orang yang akan menerima pesan dakwah dan kebermanfaatannya. Selain itu juga bisa diakses kapan saja dan dimana saja oleh siapa saja.

Bayangkan, jika tulisan kita tersebut ternyata membantu permasalahan seseorang, kita sebagai penulisnya juga pasti akan memperoleh berkahnya. Atau misalkan dengan tulisan kita, sesorang bisa tergugah,termotivasi, bahkan bisa insyaf dan taubat dari masa kelam nya. Insya Allah, sebagai seorang yang menuliskannya, kita juga  akan memperoleh pahala jariyah nya.

Pada masa sekarang menulis sangat diperlukan untuk menandingi konten negatif yang banyak beredar di dunia maya. (hoax,hasutan,pornografi dsb) Lihat Tulisan saya : 5 Alasan Kenapa Harus Menjadi Guru Blogger

Demikianlah sedikit ulasan saya tentang manfaat menulis, jika kamu punya saran, komentar atau menfaat menulis lainnya silahkan kirim di kolom komentar ya..
Semoga bermanfaat.

5 komentar:

  1. Mantap guru blogger, buat semangat nulis lagi..

    BalasHapus
  2. jadi semangat untuk menulis dan ngeblog saya.. makasih infonya..

    www.kananta.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih,
      salam kenal.
      Yuk saling menyemangati

      Hapus
    2. Terima kasih,
      salam kenal.
      Yuk saling menyemangati

      Hapus
  3. Menulis utk peradaban, semangaaaat.... :)

    BalasHapus

Pages